Sumitomo Excavator untuk pekerjaan tambang batu bara

SH350LHD-6 Coal Mining

 

Batubara adalah kekuatan dominan di dalam pembangkitan listrik serta proses ekstrasinya yang relatif mudah dan murah, dan persyaratan-persyaratan infrastruktur yang lebih murah dibandingkan dengan sumberdaya energi lainnya.

Dunia sebenarnya sudah sadar untuk mengurangi ketergantungan pada batubara (bahan bakar fosil) ini, namun sumber energi terbarukan saat ini masih tidak menunjukkan indikasi bahwa ketergantungan dunia pada batubara ini akan menurun secara signifikan dalam waktu dekat, sehingga batubara terus menjadi sumber energi yang menjanjikan.

Namun teknologi batubara bersih dalam pertambangan batubara akan sangat diperlukan di masa mendatang (sebagian karena faktor komersil) dan Indonesia diharapkan akan terlibat secara aktif di dalam proses tersebut sebagai salah satu pelaku utama di sektor pertambangan batubara. Teknologi batubara bersih ini difokuskan untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga batubara namun teknologi ini belum berkembang cukup baik.

Ada banyak kantung cadangan batubara yang kecil terdapat di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, namun demikian tiga daerah dengan cadangan batubara terbesar di Indonesia adalah Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Indonesia  memiliki negara tujuan utama untuk ekspor batubara yaitu China, India, Jepang dan Korea Selatan.

Maka dari itu banyak perusahaan tambang di Indonesia masih terus menambang untuk mendapatkan sumber energi ini dan mereka memerlukan Excavator dalam kegiatan penambangannya sebagai peralatan utamanya. Dalam hal tersebut beberapa perusahaan tambang mempercayakan excavatornya memakai Sumitomo Excavator seperti salah satunya di lokasi tambang batu bara di daerah Banjarmasin. Perusahaan ini memakai excavator dengan model SH210-6 kelas 20 ton dan SH350LC-6 kelas 30 ton.

SH210-6 Coal Mining

Excavator ini dipakai untuk proses penambangan mulai dari development, overburden, striping, coal getting dan loading/unloading. Sumitomo Excavator memiliki tenaga yang kuat, gerakan yang lincah serta hemat bahan bakar dimana hal-hal tersebut menjadi poin-poin penting bagi si perusahaan tersebut dalam memilih Sumitomo Excavator sebagai peralatan utamanya dalam mendukung aktifitas produksi tambang batu bara di perusahaan tersebut.

Sumitomo Excavator juga memproduksi excavator kelas besar 40-80 ton seperti model SH490LHD-6, SH510LHD-6 serta SH800LHD yang diterima dengan baik di pasar dunia.