Indonesia – Simposium Bisnis & Teknologi Jepang di Surabaya

ObEV_m6j_400x400

Pada tanggal 5 Desember 2018, “The 5th Japan Business Society Commemorating Business & Technology Symposium of The 60th Anniversary Commemoration Project of Diplomatic Relations between Japan and Indonesia ” diadakan di Surabaya.

Simposium ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran perusahaan Jepang di Indonesia dengan menunjukkan peningkatan kemampuan teknis, pengontrolan kualitas, dan pengetahuan bisnis dengan memperkenalkan bisnis dan teknologi modern dari Jepang yang mendukung aktivitas sehari-hari dan peningkatan kehidupan di masa depan di Indonesia.

_TGH2337

Terdapat 5 rangkaian simposium yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia. Pertama dimulai dari Jakarta, kedua bertempat di Denpasar, ketiga bertempat di Makassar, keempat bertempat di Medan dan yang terakhir berlokasi di Surabaya. Di sana Presiden Direktur dari PT. SUMITOMO SHI CONSTRUCTION MACHINERY INDONESIA, Mr.Takahashi, menyapa peserta di Shangri-La Hotel Surabaya pada 11 Desember 2018.

Mr. Rachma, perwakilan khusus Indonesia untuk Investasi Jepang, dan Mr.Tani, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, membuka acara dengan membagikan pengalaman mereka mengenai hubungan bisnis Indonesia dan Jepang. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi dari pembicara tamu. Mr. Takahashi merupakan pembicara kedua dari perwakilan perusahaan Jepang.

Mr.Takahashi memperkenalkan sejarah dari perusahaan alat berat Sumitomo Kenki dan juga menjelaskan tentang produk yang dihasilkan, bisnis globalnya, perkembangan bisnisnya dan upaya yang akan dilakuakan di Indonesia, lewat sebuah video.

Khususnya di bagian video ketika klien Sumitomo Kenki yang menggunakan ekskavator hidrolik dan asphalt paver mengatakan bahwa “Sumitomo Bagus!”, para penonton juga berbalas mengatakan “Sumitomo Bagus!” dan mengacungkan jempol mereka.  Kejadian tersebut menghangatkan acara simposium ini.

_TGH2294

Ketika semua presentasi dari perusahaan telah selesai dan sesi makan siang dimulai, para peserta mendatangi Mr.Takahashi satu demi satu dan meminta beliau untuk berfoto bersama. Ditambah lagi, ketika berada di stan pameran, beberapa orang mengatakan bahwa mereka telah melihat hasil pengaspalan dari Sumitomo. Hal tersebut membuat kami menyadari bahwa produk Sumitomo Kenki terus menyebar di Indonesia.

Sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari pegawai pemerintahan, perwakilan berbagai perusahaan, mahasiswa di Surabaya dan lainnya, berpartisipasi dalam simposium ini.

Hal istimewa lainnya adalah setengah dari peserta simposium merupakan mahasiswa, ini membuat kami merasakan kekuatan pemuda Indonesia, yang memiliki rata-rata usia kerja di 29 tahun.
Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan ide dan perkembangan teknologi perusahaan kami di acara symposium ini.